JANGAN MINTA2 DAN TANGAN DIATAS LEBIH BAIK DARI TANGAN DIBAWAH

Kisah Hakim bin Hazam yang suka minta2 sehingga dinasehati oleh Rasulullah SAW agar tidak minta2 karena orang yg suka minta2 di akherat kelak tidak punya DAGING alias hanya Tulang saja dan pasti api neraka yang iya dapatkan!!!

Seusai Perang Hunain, Hakim bin Hazam meminta harta rampasan kepada Rasulullah, yang kemudian diberi oleh beliau.

Kemudian ia meminta lagi, diberikan lagi oleh Rasulullah. Setelah permintaan yang ketiga baru beliau menasehati kepada Hakim, Beliau lalu bersabda "Sesungguhnya harta itu manis dan enak. Siapa yang mengambilnya dengan rasa syukur dan rasa cukup, dia akan diberi berkah dengan harta itu.

Dan siapa yang mengambilnya dengan nafsu serakah, dia tidak akan mendapat berkah dengan harta itu. Bahkan dia seperti orang makan yang tidak pernah merasa kenyang.

Tangan yang di atas (memberi) lebih baik daripada tangan yang di bawah (meminta atau menerima).”

Mendengar sabda Rasulullah tersebut, Hakim bin Hazam bersumpah, "Ya Rasulullah, demi Allah yang mengutus engkau dengan agama yang hak, aku berjanji tidak akan meminta-minta apa pun kepada siapa saja sesudah ini. Dan aku berjanji tidak akan mengambil sesuatu dari orang lain sampai aku berpisah dengan dunia."

Sumpah tersebut dipenuhi Hakim dengan sungguh-sungguh. Pada masa pemerintahan Abu Bakar, dia disuruh agar mengambil jatah harta Fek dia tidak mengambilnya.

Sampei Tatkala jabatan khalifah pindah kepada Umar bin Khathab, Hakim pun tidak mau mengambil harta fek memang untuk dia meski sudah dipanggil beberapa kali.

Sampei Khalifah Umar mengumpulkan para ulama dan mengumumkannya, "Wahai kaum Muslimin, aku telah memanggil Hakim bin Hazam beberapa kali supaya mengambil harta fak dia, tetapi dia tidak mau mengambilnya."

Demikianlah, sejak mendengar sabda Rasulullah itu, Hakim selamanya tidak mau mengambil sesuatu dari seseorang sampai dia meninggal.

Hikmah: bila kita yakin kemurahannya Allah maka setelah Hakim berjanji tidak mau minta2 lagi, Allah justru mencukupi kebutuhannya.

Tauladan Khalifah Umar takut dikatakan tidak menyerahkan atau memotong jatah Fak orang lain, sampei harus mengumpulkan ulama untuk menyaksikan, bahwa yang tidak mau ambil adalah Hakim bin Hazam.

"JANGAN MINTA2 DAN TANGAN DIATAS LEBIH BAIK DARI TANGAN DIBAWAH, KALO KAMU TEGUH DGN PENDIRIAN INI PASTI ALLAH AKAN MENCUKIPINYA, TERMASUK TIDAK MUDAH MINTA TOLONG DGN TENAGA ORANG LAIN"

KEHORMATAN DIRI ADALAH SEGALA GALANYA

By Kotib masjid Ponpes Kenduruan LA

Postingan populer dari blog ini

PERSYARATAN NIKAH DENGAN ANGGOTA POLRI SESUAI PERKAP 9 TAHUN 2010

ALAMAT MASJID LDII SELURUH DUNIA -DAFTAR TELPONNYA

Rahasia Angka 354 bagi warga LDII, dan banggalah menjadi warga LDII !!